Home » Government » Obama: KTT G20 Harus Lakukan Reformasi Keuangan

Obama: KTT G20 Harus Lakukan Reformasi Keuangan

Presiden AS, Barack Obama, Jumat, meminta pertemuan para pemimpin dunia di KTT G20 di Toronto pekan ini untuk memperjuangkan reformasi keuangan, memacu pertumbuhan dan memperkuat ekonomi global.

Obama mencatat bahwa pertemuan pada akhir pekan ini di pusat bisnis Kanada itu merupakan pertemuan puncak ketiga G20 negara-negara maju dan berkembang sejak ia menjabat tahun lalu, dan akan didahului oleh pertemuan puncak negara-negara kaya G8. Dia mengatakan pertemuan-pertemuan sebelumnya telah menarik ekonomi global kembali dari jurang bencana dan memperkuat suatu perjuangan bagi pertumbuhan yang seimbang.

“Akhir pekan ini di Toronto saya harap kita dapat membangun kemajuan ini dengan mengkoordinasikan upaya kita untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengejar reformasi keuangan, dan memperkuat ekonomi global,” kata Obama di Gedung Putih sebagaimana dikutp AFP.

“Kita harus bertindak bersama untuk alasan sederhana: Krisis ini membuktikan dan kejadian terus menegaskan bahwa ekonomi nasional kita terkait erat. Dan seperti gejolak ekonomi di satu tempat dengan cepat dapat menyebar ke yang lain. Pengamanan di setiap negara kita dapat membantu melindungi semua bangsa.”

source:
http://internasional.kompas.com/read/2010/06/25/20451632/KTT.G20.Harus.Lakukan.Reformasi.Keuangan

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Government 20 (G20) yang diselenggarakan di Toronto, Kanada ini dipilih karena negara ini termasuk ke dalam negara yang damai dan aman, namun nyatanya tetap saja kerusuhan tetap terjadi di setiap penyelenggaraan KTT G-20. KTT yang dihadiri oleh sejumlah pemimpin negara-negara inimembahas kelesuan ekonomi global yang dihadapi saat ini, serta khususnya Amerika Serikat (AS) yang masih belum stabil kondisi perekonomiannya. Obama berharap para pemimpin negara anggota G20 dapat memperjuangkan reformasi keuangan, memacu pertumbuhan dan memperkuat ekonomi global.

Kebuntuan ini diharapkan akan segera berakhir dan dapat mnemukan formulasi baru demi menciptakan kesejahteraan bagi umat manusia.


Leave a comment